Gencar Tanggulangi Hoaks, JSH Sabet Penghargaan PiCA

Selasa, 29 Desember 2020

Jabar Saber Hoaks (JSH) berhasil meraih penghargaan Professional Communication Award (PiCA) dari Universitas Islam Bandung (UNISBA) atas peran JSH yang concern dalam penanggulangan Hoaks juga kepedulian dalam mengatasi misinformasi dan disinformasi di tengah masyarakat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Setiaji memberikan apresiasi kepada tim JSH atas penghargaan ini.

Menurutnya, penghargaan Professional Communication Award (PiCA) merupakan salah satu potret kinerja tim JSH. Ia menambahkan, dengan adanya penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi untuk JSH agar lebih giat lagi memerangi hoaks di Jabar melalui kerja keras. “JSH sangat aktif dalam memerangi hoaks yang beredar di tengah pandemi covid-19,” katanya.

Menurut data yang tercatat oleh tim JSH, hingga akhir Mei 2020, dari 2.664 aduan hoaks yang masuk ke JSH lebih dari 60 persennya mengenai Covid-19. “Dengan data ini, dapat dilihat begitu besarnya Hoaks tentang Covid-19 dan ini menjadi sebuah tantangan bagi kami untuk bisa menginformasikan dan mengedukasi warga tentang informasi yang bener terkait Covid19," ujar Setiaji.

Rendahnya literasi dan minimnya informasi yang didapatkan masyarakat, membuat banyak orang mudah sekali terpapar hoaks. Hal inilah yang selalu mendorong JSH untuk terus bekerja keras agar masyarakat terdorong untuk ikut serta menyaring informasi yang mereka dapatkan, sehingga tidak ada lagi yang mudah terpapar hoaks.

"Untuk wargi Jabar mari kita bersama-sama memerangi hoaks, jangan mudah terpengaruh berita hoaks dan Saring dulu dan baru Sharing," tutup Setiaji.


Penghargaan