VIDEO KEJADIAN GUNUNG SEMERU MELETUS

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
BENCANA ALAM - LETUSAN GUNUNG BERAPI
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - FALSE CONTEXT
KANAL ADUAN
INSTAGRAM
BUKTI ADUAN
VIDEO
PETUGAS CEK FAKTA
ALFIANTO YUSTINOVA
DILIHAT
60 KALI

Rabu, 07 Desember 2022

Sebuah video diklaim merekam detik-detik letusan Gunung Semeru pada 4 Desember 2022 kemarin. Video itu beredar di media sosial TikTok.


Dalam video 15 detik terlihat erupsi sebuah gunung di dekat laut dengan muntahan lava pijar dan disertai kilatan petir dari puncak gunung.


CEK FAKTA:
Mengutip dari merdeka.com, yang melakukan penelusuran menggunakan Google Image, hasilnya, itu bukan letusan Gunung Semeru pada 4 Desember 2022. Namun, hasil penelusuran mengarah ke sebuah video dari channel Youtube T N, berjudul "Explosive eruption of Sakurajima on November 12, 2019," pada 13 November 2019.


"Gesekan dari partikel abu yang berputar-putar menghasilkan pelepasan listrik. Itu adalah ledakan Sakurajima yang terjadi pada malam bulan purnama pukul 23:07 tanggal 12 November 2019. Petir vulkanik terjadi di kolom letusan." tertulis pada keterangan video tersebut.


Gunung api Sakurajima, Jepang, erupsi pada 12 November 2019 lalu. Dikutip dari situs ANHA News, Setelah erupsi, sekitar Gunung Api Sakurajima diselimuti awan abu dan asap, bongkahan batu yang terlempar mencapai ketinggian 2,5 kilometer.


KESIMPULAN:
Video yang diklaim sebagai letusan Gunung Semeru adalah keliru. Faktanya video tersebut merekam letusan Gunung Sakurajima di Jepang pada 12 November 2019 lalu.

RUJUKAN:

https://bit.ly/3FbkhvZ

https://bit.ly/3uwahsv

https://bit.ly/3FxQpLR