VIDEO CARA DETEKSI ASAM URAT DENGAN MENEKUK JARI TANGAN

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
KESEHATAN - KESEHATAN
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - FABRICATED CONTENT
KANAL ADUAN
TIKTOK
BUKTI ADUAN
VIDEO
PETUGAS CEK FAKTA
Tommy Sutami
DILIHAT
65 KALI

Selasa, 28 Juni 2022

Beredar video di tiktok, menunjukan gerakan jari yang diklaim bisa mengecek asam urat normal atau tidak.


Video tersebut memperlihatkan seseorang yang bisa menekuk semua jari-jarinya hingga menyentuh telapak tangan maka menandakan asam urat orang tersebut normal.

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA : Setelah dilakukan penelusuran, isu ini adalah informasi lama yang disebarkan kembali.

Dilansir detikhealth pada tahun 2018 silam, praktek tersebut telah dibantah oleh para ahli diantaranya oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Dia menegaskan bahwa cara cek asam urat yang benar adalah cek ke laboratorium.

Selain itu untuk mengecek asam urat bisa dilakukan dengan dua cara: Tes asam urat dalam darah dan tes asam urat dalam urin. Sampel darah yang diambil akan menunjukkan angka yang merupakan kandungan atau kadar asam urat seseorang sedangkan urin untuk mengetahui fungsi ginjal dalam membuang asam urat. Jika ginjal tidak dapat membuang asam urat dari darah secara normal, risiko pembentukan kristal atau batu ginjal menjadi lebih besar.

KESIMPULAN : Klaim praktek pada videoa adalah cara mengecek asam urat seseorang dengan gerakan menekuk semua jari tangan hingga menyentuk telapak tangan adalah salah.

Informasi ini adalah jenis kategori Fabricated Content.

RUJUKAN : https://bit.ly/3yoV9Qt, https://bit.ly/3yovo2u, https://bit.ly/3HUOsst