RUTIN MEMINUM REBUSAN TEPUNG KANJI DAN GULA MERAH DAPAT SEMBUHKAN ASAM LAMBUNG

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
KESEHATAN - KESEHATAN
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - FABRICATED CONTENT
KANAL ADUAN
FACEBOOK
BUKTI ADUAN
GAMBAR
PETUGAS CEK FAKTA
Tommy Sutami
DILIHAT
82 KALI

Jum'at, 24 Juni 2022

Beredar klaim di media sosial apabila meminum campuran rebusan tepung kanji dan gula merah secara rutin dapat menyembuhkan pernyakitasam lambung. Klaim itu juga disertai video pembuatan rebusan tepung kanji dan gula merah.


Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA : Dari hasil penelusuran, Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam membantah klaim tepung kanji berkhasiat mengobati asam lambung. "Hoaks menyesatkan dan sudah banyak korban. Ini hoaks lama yang diulang-ulang diviralkan," kata Ari seperti dilansir Kompas.com, Kamis 9 Juni 2022.

Menurut Ari, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan konsumsi rebusan tepung kanji secara rutin dapat mengobati dan mencegah asam lambung kambuh. "Bahkan, pasien-pasien jadi kambuh maagnya mengikuti anjuran ini," ujar dia.

KESIMPULAN : Klaim pada video beredar bahwa meminum campuran rebusan tepung kanji dan gula merah secara rutin dapat menyembuhkan asam lambung adalah salah. Faktanya, klaim ini tidak terbukti secara ilmiah dan dibantah ahli.

Informasi ini adalah jenis kategori Fabricated Content.

RUJUKAN : https://bit.ly/3yecxaw, https://bit.ly/3yekoVA