PBNU GELAR KONVENSI CAPRES 2024

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
POLITIK - POLITIK
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - FABRICATED CONTENT
KANAL ADUAN
WHATSAPP
BUKTI ADUAN
GAMBAR,TEXT
PETUGAS CEK FAKTA
DEPI AGUNG SETIAWAN
DILIHAT
23 KALI

Jum'at, 11 Juni 2021

PBNU GELAR KONVENSI CAPRES 2024

Beradar satu poster berisi informasi yang menyebut bahwa PBNU menggelar Konvensi Capres 2024.

Pada poster bertuliskan “Sukseskan Konvensi Capres NU 2024” itu terpampang beberapa wajah petinggi, seperti Mahfud MD, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agama Yaqut Quomas, Ketua Umum PBNU Said Aqiel Siradj, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Aktivis Islam dan Politisi Yeni Wahid, dan Ketua Umum Partai Kebangitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

CEK FAKTA : Berdasarkan verifikasi informasi Jabar Saber Hoaks, dikutip dari laman cekfakta.tempo.co (9/6/21), melansir dari situs resmi NU, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU Andi Najmi Fuaidi telah memastikan bahwa informasi itu tidak benar.

Menurut dia, agenda Konvensi Capres NU 2024 itu tidak akan pernah terjadi selama tidak ada perubahan putusan dari muktamar tentang posisi NU.

Penjelasan lengkapnya, bisa disimak di sumber rujukan.

KESIMPULAN : Poster berisi informasi yang menyebut bahwa PBNU menggelar konvensi Capres 2024 adalah tidak benar (fabricated content). Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyatakan bahwa poster Konvensi Capres NU 2024 yeng beredar adalah kabar kibul alias hoaks.

RUJUKAN : https://bit.ly/3gibeyt