ORANG YANG BELUM DIVAKSIN WAJIB MEMAKAI MASKER UNTUK MELINDUNGI YANG SUDAH DI VAKSIN

Rabu, 09 Juni 2021

ORANG YANG BELUM DIVAKSIN WAJIB MEMAKAI MASKER UNTUK MELINDUNGI YANG SUDAH DI VAKSIN


Beredar unggahan media sosial menyebut penggunaan masker di Amerika Serikat untuk orang yang belum divaksin dilakukan agar mereka tidak menularkan virus kepada orang lain yang sudah divaksin.

CEK FAKTA :
Melansir AFP fact check, Dr Monica Gandhi, kepala divisi asosiasi HIV, Penyakit Menular, dan Pengobatan Global di Rumah Sakit Umum San Francisco menegaskan hal tersebut.

“Yang tidak divaksinasi diminta untuk memakai masker di dalam ruangan untuk perlindungan mereka sendiri,” kata Gandhi, seperti dikutip dari AFP.

Dr Jewel Mullen, dekan kesehatan di Dell Medical School di University of Texas di Austin, juga sepakat.

"Persyaratan masker yang direvisi mencerminkan posisi CDC bahwa risiko infeksi dan penularan COVID-19 sangat rendah di antara orang-orang yang divaksinasi," katanya, merujuk pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

KESIMPULAN :
Klaim ketentuan penggunaan masker bagi warga yang belum divaksin untuk melindungi orang yang sudah divaksin adalah tidak benar.

Ketentuan wajib masker bagi orang yang tidak dapat atau belum divaksin ditujukan untuk melindungi diri mereka dari penularan virus corona.

Informasi ini termasuk dalam kategori MISLEADING CONTENT.

RUJUKAN :
1. https://bit.ly/3iufegC
2. https://bit.ly/3gjD4sO