Senin, 18 November 2019
NETFLIX MEMINTA PENGGUNA UNTUK MEMPERBARUI INFORMASI PEMBAYARAN
[DISINFORMASI]
Berdasarkan hasil pemantauan Tim Jabar Saber Hoaks. Netflix sedang menghubungi para pengguna melalui e-mail dan memberi tahu mereka untuk memperbarui informasi pembayaran mereka, atau akun mereka akan ditutup.
[PENJELASAN]
Itu bukanlah email asli dari Netflix. Email ini adalah upaya untuk mencuri informasi kartu kredit dan dikenal sebagai penipuan phishing.
Penipuan phishing menggunakan berbagai bentuk umpan/cara dalam upaya untuk menipu orang agar menyerahkan informasi pribadi, seperti kata sandi atau informasi kartu kredit. Penipu ini dapat menjanjikan hadiah, seperti pemberian uang tunai, untuk menarik orang untuk menyerahkan informasi mereka. Atau, seperti dalam kasus ini, berpura-pura sebagai perusahaan tepercaya.
Penipuan phishing Netflix ini telah beredar setidaknya sejak 2017. Pada bulan Desember 2018, begitu banyak orang melaporkan bahwa mereka menjadi sasaran dengan versi penipuan ini sehingga Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) mengeluarkan pernyataan yang disebut “Penipuan phishing Netflix: Jangan ambil umpannya ”
.
Netflix juga telah menangani penipuan phising yang menargetkan pengguna perusahaan. Bagian bantuan dari situs web Netflix (terdapat di help.Netflix.com) memberi tahu pembaca bahwa mereka selalu dapat memeriksa status akun mereka di situs web Netflix resmi, dan bahwa mereka tidak boleh memberikan informasi pembayaran ke outlet pihak ketiga.
[SUMBER KLARIFIKASI]
http://bit.ly/331AQpf
http://bit.ly/2KATcHa
http://bit.ly/2QDvpKN