VIDEO KH SAMI'AN MLANGI SLEMAN DAN MASHUDI MENINGGAL USAI HIRUP NAFAS PASIEN COVID-19

Jum'at, 16 Juli 2021

VIDEO KH SAMI'AN MLANGI SLEMAN DAN MASHUDI MENINGGAL USAI HIRUP NAFAS PASIEN COVID-19

Beredar sebuah video pendek pada media sosial yang menampilkan dua orang laki-laki sedang menghirup napas pasien Covid-19. Video tersebut memperlihatkan bagaimana seorang paranormal asal Jombang bernama bernama Muhammad Mashudin menghirup udara dari mulut pasien Covid-19 bersama seorang Kiai yang diduga bernama KH. Sami'an. Selanjutnya, Dalam video itu diberikan narasi, "Innalillahi Rais Syuriah PCNU Sleman KH. Sami'an wafat. Pasien Covid dihirup."

CEK FAKTA: Setelah ditelusuri, klaim yang mencantumkan nama serta foto KH. Sami'an, Rais Syuriah PCNU Sleman dan Muhammad Mashudin adalah keliru. Faktanya dikutip dari timesindonesia.co.id, Wakil Ketua Bidang Strategis dan Kerjasama PCNU Sleman, Muhammad Alfuniam menegaskan bahwa video yang beredar yang mengatasnamakan KH. Sami'an adalah merupakan kabar bohong dan fitnah. KH. Sami'an, Mlangi, Sleman meninggal pada Februari 2021 lalu dan meninggal bukan karena positif Covid-19. 

Sementara itu, dikutip dari detiknews.com, Mashudin meninggal pada 13 Juli 2021 bukan karena terinfeksi virus Corona. Berdasarkan hasil tracing pada Rabu (14/7) sore, istri dan anak-anak Mashudin sebagai kontak erat negatif Covid-19.  Mashudin meninggal tanpa sempat menjalani pemeriksaan Corona dan diketahui meninggal dikarenakan mempunyai riwayat sakit lambung.

KESIMPULAN: Klaim jika KH. Sami'an Mlangi Sleman dan Mashudi Meninggal Usai Hirup Nafas Pasien Covid-19 adalah salah. Faktanya, KH. Sami'an Mlangi Sleman dan Mashudi Meninggal bukan karena positif Covid-19.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context.

RUJUKAN: 
https://bit.ly/3BsMqfI
https://bit.ly/3xQ0fCu
https://bit.ly/3Bj6K2Z