Diskusi dan Presentasi Hasil Riset Counter Narrative Melawan Hoaks

Dilihat: 1,012 kali
Senin, 01 Agustus 2022

Bandung, Kamis (28/07/2022), Diskusi hasil riset tentang Counter Narative melawan Hoaks yang dilaksanakan di Gedung LPPM Univeritas Islam Bandung. Riset tersebut dilakukan beberapa dosen Fikom Unisba dan dibantu oleh Tim Jabar Saber Hoaks. Tujuan penelitian tersebut untuk mengukur sejauh mana Counter Narrative yang disampaikan berpengaruh di masyarakat. Selain itu, juga mengukur sejauh mana kredibilitas Jabar Saber Hoaks sebagai sumber pesan berpengaruh di masyarakat. 

Hadir dalam diskusi tersebut Dr. Septiawan Santana Kurnia., S.Sos., M.Si. (Peneliti), Prof. Dr. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si. (Dekan Fikom Unisba), Dr. Dedeh Fardiah, Dra., M.Si. (Wakil Dekan 2), Dr. Tresna Wiwitan, Dra., M.Si. (Wakil Dekan 3), Faiz Rahman (Kepala Bidang IKP Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat), beserta jajaran Tim Jabar Saber Hoaks. 

Hasil riset yang dilakukan terhadap 5.000  sampling responden tersebut menunjukan, Counter Narrative dan kredibilitas Jabar Saber Hoaks sebagai sumber pesan berpengaruh di masyarakat, terutama counter narrative berkaitan dengan persoalan isu kesehatan.