JSH Jadi Pembicara dalam Acara Berhenti di Kamu

Senin, 22 Februari 2021

BEKASI - Senin, 22 Februari 2021 Jabar Saber Hoaks (JSH) menjadi pembicara dalam acara talk show Anti Hoaks, Anti Radikalisme, dan Persatuan Bangsa. Acara yang diselenggarakan oleh Masyarakat Peduli Literasi Digital (Malidi) Bekasi ini berlangsung di Global Persada Mandiri School, Kota Bekasi.
Selain talk show, dalam acara ini juga diadakan pengumuman lomba film pendek antar SMA/sederajat se-Kota Bekasi. Hadir sebagai pembicara, Alfianto Yustinova dari Jabar Saber Hoaks, Kapten Nanang Rido relawan malidi yang pernah menjadi tenaga kerja Indonesia, Ayah Enha, praktisi pendidikan, pendiri ponpes Indonesia serta Penasihat Malidi, serta Tavasha Tirtha Dharma, Agent Anti Hoax Student.
Para pembicara mengungkapkan soal radikalisme yang merupakan  bagian tahapan menuju teror, dan hoaks menjadi alatnya. Kemudian informasi dibingkai atau frame untuk menggiring sebuah isu, sehingga konflik2 yang terjadi dipicu oleh hoaks, hoaks merupakan strategi atau alat bagi pembaca ke arah teror. Karena itu diperlukan  memeriksa informasi, sumbernya, waktu, siapa yang menyampaikan.
Kegiatan ini diikuti oleh 100  pelajar se Kota Bekasi dengan mengikuti standar protokol Kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Para peserta jua terlihat sangat antusias dengan materi yang menjadi pembahasan.
Dengan adanya acara semacam ini, diharapkan para Generasi Z dapat lebih aware mengenai peredaran hoaks di dunia digital yang dapat memicu aksi-aksi membahayakan seperti radikalisme yang negatif.