Kolaborasi dengan Diskominfosanditik Sumedang, Jabar Saber Hoaks Gelar Sosialisasi Anti Hoaks

Sabtu, 10 April 2021

Sumedang - Jumat, 9 April 2021 Jabar Saber Hoaks berkolaborasi dengan Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang menggelar acara Pembinaan Sumber Daya Komunikasi Publik dan Sosialisasi Jabar Saber Hoaks. Hadir dalam acara, Kepala Diskominfosanditik Kabupaten Sunedang yang sekaligus membuka acara, Iwa Kuswaeri, Kepala Bidang IKP Diskiminfo Jabar, Faiz Rahman , serta Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Diskominfo Jabar, Andri Bukhori. Acara yang digelar di Aula Hotel Hanjuang Hegar, Kabupaten Sumedang ini menghadirian beberapa pembicara yang menyampaikan materi terkait informasi publik dan literasi digital.
Para pembawa materi tersebut diantaranya Tommy Sutami dari Jabar Saber Hoaks, Yus Hartiman dari FKIM Provinsi Jawa Barat, Rauf Nuryaman dan Maman Koswara dari FKIM Kabupaten Sumedang. Sementara itu, peserta yang hadir berasal dari Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari), Radio Komunitas (Rakom), Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi), Kelompok Informasi Masyarakat, dan Relawan TIK. 
Menurut Tommy, saat ini hoaks yang menyebar di media sosial jumlahnya semakin banyak dan selalu bertambah lagi setelah diklarifikasi. "Ibaratnya mengusir burung di tengah sawah, yang satu pergi diusir, yang lainnya datang lagi lebih banyak," ujar Tommy. 
Dengan adanya acara ini, diharapkan para peserta yang hadir mampu menyebarluaskan lagi informasi seputar pencegahan hoaks dan bijak dalam menggunakan teknologi sosial media ke lingkungan terdekatnya. 
Selama kegiatan berlangsung, para peserta maupun panitia tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 
................... ......................................................
Jabar Saber Hoaks merupakan satuan tugas yang di bawah Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertugas untuk mengklarifikasi informasi hoaks dan mengedukasi masyarakat melalu beragam konten di media sosial.