JABAR SABER HOAKS BUKA POJOK KONSULTASI PENGECEKAN FAKTA KEPADA PARA PELAJAR

Dilihat: 176 kali
Rabu, 16 November 2022

Karawang (16/11/22) – Unit Jabar Saber Hoaks membuka pojok konsultasi pengecekan fakta (fact checking) bersama Tim Mobil Literasi Digital Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Pojok konsultasi pengecekan fakta itu digelar bersamaan dengan rangkaian acara Siaran Keliling (Sarling) Jawa Barat di SMAN 5 Karawang, Rabu (16/11/22).

Pojok konsultasi pengecekan fakta tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelajar dalam melakukan pengecekan fakta secara mandiri terhadap suatu berita.

“Kita bekali para pelajar tentang teknik-teknik sederhana cara memerifikasi kevalidan suatu narasi berita atau rumor yang beredar di kanal-kanal media sosial,” ujar Sandi Ibrahim selaku Kepala Divisi Data, Diseminasi dan Pengembangan Program Unit Jabar Saber Hoaks.

Para pelajar yang mengikuti konsultasi dibekali pengetahuan seputar ciri-ciri berita palsu atau hoaks, cara mengecek keaslian suatu foto atau gambar, juga dibekali tetang beberapa perangkat pengecek fakta – seperti Yandex, Google Reverse Image, TinEye Reverse Image Search, juga kanal Cekfakta.com.

“Untuk mencari isu atau topik seputar hoaks, para pelajar juga diarahkan untuk mengunjungi kanal https://saberhoaks.jabarprov.go.id,” terang Sandi.

Di era tsunami informasi hari ini para pengguna media sosial dituntut untuk memiliki kemampuan memilah beragam narasi yang tertaut pada suatu berita, hal ini bagian dari literasi digital di era kemajuan teknologi informasi.

*Penulis : Depi Agung Setiawan (JSH)