PENGGANTIAN NO ID PLN MINTA BIAYA RP 400 RIBU

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
KRIMINALITAS - MENGATASNAMAKAN
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - IMPOSTER CONTENT
KANAL ADUAN
WHATSAPP
BUKTI ADUAN
GAMBAR
PETUGAS CEK FAKTA
Tommy Sutami
DILIHAT
275 KALI

Kamis, 31 Agustus 2023

Beredar sebuah gambar yang menampilkan sebuah kwitansi pembayaran  untuk penggantian no ID pelanggan PLN. Dimana didalam tanda bukti pembayaran tersebut terdapat logo dan Cap Perusahaan Listrik Negara (PLN). serta di dalamnya juga terdapat tagihan sejumlah Rp.400.000,- untuk biaya penggantian No. ID pelanggan. Gambar tersebut beredar di aplikasi pesan singkat Whatsapp. 

CEK FAKTA : Dilansir dari Liputan6, faktanya PT. PLN (Persero) telah memberikan tanggapan mengenai kabar yang beredar terkait  Tanda Bukti Pembayaran untuk penggantian No. ID pelanggan tersebut tidak benar dan PT. PLN mengklarifikasi lewat akun sosial media Instagram dan menuliskan : 
 "WASPADA PENIPUAN
MODUS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN PLN
"PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan"
Unggahan tersebut disertai dengan keterangan bahwa pihak PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan.

Dilansir juga dari headtopics.com, PT PLN (Persero) memberikan keterangan bahwa nomor ID Meter pelanggan tidak diperkenankan untuk di perjual belikan. Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN Gregorius Adi Trianto memberikan tanggapannya bahwa hal tersebut adalah penipuan. Beliau mengatakan : 
"Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan," ujar Gregorius 

KESIMPULAN : Informasi yang beredar mengenai Penggantian Nomor ID PLN Minta Biaya Rp 400 Ribu tersebut tidak benar. Sebab PT. PLN telah  sendiri menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah  memberikan tanda bukti pembayaran untuk penggantian No. ID pelanggan, dan PLN sendiri memiliki layanan aduan resmi tersendiri.

Informasi ini termasuk kedalam kategori Imposter Content.

Rujukan : 
https://bitly.ws/TmL6
https://bitly.ws/TmLf
https://bitly.ws/U22V

Pemeriksa Fakta : Tsaltsa Noor Laily
Instagram : @tsaltsa_noor19