SEORANG PELAJAR MENINGGAL KARENA KERACUNAN PERMEN

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
PANGAN - PRODUK
LOKASI INFORMASI
NASIONAL - NASIONAL
JENIS INFORMASI
HOAKS - MISLEADING CONTENT
KANAL ADUAN
INSTAGRAM
BUKTI ADUAN
TEXT
PETUGAS CEK FAKTA
ALFIANTO YUSTINOVA
DILIHAT
40 KALI

Selasa, 06 Desember 2022

Berdasarkan aduan yang masuk ke Jabar Saber Hoaks, yang menanyakan informasi yang beredar di Medsos FB dan aplikasi percakapan WA, perihal adanya pelajar yg meninggal dunia diduga karena keracunan permen.


CEK FAKTA:
Setelah dilakukan penelusuran diketahui isu tersebut terjadi di Ds.Gelang Kec.Sumberbaru, Kab. Jember.

Mengutip dari akun Instagram Polsek Sumberwaru, Kapolsek Sumberbaru, Akp Fatchur Rahman menyatakan jika informasi tersebut adalh hoaks.

Menurut Fatchur, karena cukup meresahkan, polisi langsung mendatangi keluarga siswa meninggal dunia tersebut. Setelah diklarifikasi, ternyata siswa tersebut meninggal dunia karena sakit, bukan karena keracunan permen bola mata. Dengan demikian, isu yang beredar di media sosial dipastikan hoaks.


Sejauh ini, lanjut Fachtur, polisi sudah memberikan edukasi kepada masyarakat yang turut menyebarkan isu tersebut. Namun, untuk penyebar awal, hingga saat ini belum diketahui.


Lebih jauh Fatchur mengimbau masyarakat agar bijak menggunakan media sosial. Salah satunya tidak mudah menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya. 


KESIMPULAN: 

Klaim ada pelajar yang meninggal karena keracunan permen adalah salah, faktanya pelajar tersebut meninggal dunia karena sakit.

RUJUKAN:
https://bit.ly/3HcIg0A
https://bit.ly/3VBWnki