ANAK-ANAK KORBAN GEMPA CIANJUR DIJADIKAN SASARAN KRISTENISASI

DATA INFORMASI KLARIFIKASI
JENIS KLARIFIKASI
SARA - AGAMA
LOKASI INFORMASI
JAWA BARAT - KABUPATEN CIANJUR
JENIS INFORMASI
HOAKS - FALSE CONTEXT
KANAL ADUAN
WHATSAPP
BUKTI ADUAN
VIDEO
PETUGAS CEK FAKTA
Tommy Sutami
DILIHAT
32 KALI

Senin, 28 November 2022

Beredar kabar telah terjadi kristenisasi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

Narasi tersebut dibagikan oleh sebuah akun di Facebook, lengkap dengan sebuah video. Bahkan dalam video yang beredar, nampak seorang anak kecil yang sedang menceritakan pengalamannya yang menyebutkan ada upaya kristenisasi melalui les sabtu ceria.

Akun ini juga menuliskan dalam captionnya bahwa bencana Cianjur dijadikan ajang kristenisasi dengan memberikan bantuan ekonomi karena himpitan ekonomi masyarakatnya.


Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA : Berdasarkan penelusuran Tim Jabar Saber Hoaks, narasi telah terjadi kristenisasi melalui les sabtu ceria di Cianjur adalah salah.

Tim Jabar Saber Hoaks menemukan video identik pada Youtube Dakwah Islam dengan judul "VIRAL! KRISTENISASI BERKEDOK BIMBEL SABTU CERIA SOLEAR kab. TANGERANG" yang di unggah pada 29 Juli 2019.

Selain itu, hasil dari penelusuran banyak ditemui video yang dibagikan semenjak tahun 2019. Video itu juga kerap menjadi bahan pelintiran sejumlah akun dengan narasi berita yang menyesatkan.

KESIMPULAN : Klaim bahwa di tengah bencana gempa Cianjur ada upaya kristenisasi melalui les sabtu ceria adalah salah. Faktanya, video ini telah beredar semenjak tahun 2019.

Perihal tempat dan lokasi kejadian dalam video sampai dengan saat ini belum diketahui berada dimana. Tidak banyak sumber shahih yang menunjukan bahwa video tersebut berlokasi di Solear Kabupaten Tangerang seperti judul yang tertulis pada akun youtube Dakwah Islam.

Informasi ini adalah jenis kategori False Context.

RUJUKAN : 
https://bit.ly/3F4mGbR
https://bit.ly/3FuwRbf