GANGGUAN INDIHOME DAN TELKOMSEL DI LAUT BATAM KARENA DIGIGIT IKAN HIU

Selasa, 21 September 2021

GANGGUAN INDIHOME DAN TELKOMSEL DI LAUT BATAM KARENA DIGIGIT IKAN HIU


Beredar satu unggahan video di sebuah akun Tik Tok. Narasi yang tersemat pada video itu menyebut, jika terganggunya jaringan Indohome dan Telkomsel akhir-akhir ini disebabakan karena digigitnya satu jaringan kabel bawah laut milik Indohome dan Telkomsel di wilayah Batam.

“Ehh tu hiu bikin ribet aja dah. Penyebab Gangguan Indihome & Telkomsel Sudah Diketahui, di Laut Batam Kedalaman 20 Meter. Gara2 elu ntong, 1 indonesia kalang but bayar wifi dikiranya dia telat bayar wifi pada wafat smua. Ni netiz3n ga ada yg mau hujat nii, tersangkanya ketangkep nih,” tulis caption video itu.

CEK FAKTA : Hasil verifikasi fakta Jabar Saber Hoaks, dilansir dari laman https://www.theguardian.com (14/8/14), Google akan berusaha keras untuk memperkuat beberapa kabel data bawah laut dunia setelah serangkaian gigitan hiu, seorang manajer produk mengungkapkan.

Merespon video hiu yang menggigit kabel itu, seorang manajer produk cloud mengatakan bahwa Google bekerja dengan perusahaan mitra pada kabel di seluruh Pasifik untuk memperkuat mereka dengan anyaman seperti Kevlar untuk mencegah kerusakan.

Kabel tembaga yang lebih tua tidak mengalami masalah yang sama, dan telah berspekulasi bahwa hiu tertarik pada medan magnet yang diciptakan oleh tegangan tinggi yang dibawa melalui kabel, yang menyerupai yang dibuat oleh ikan.

Ulasan lengkapnya bisa dibaca di sumber rujukan.

KESIMPULAN : Video satu ikan hiu yang menggigit satu jaringan kabel bawah laut yang diklaim sebagai penyebab terganggunya jaringan Indohome dan Telkomsel di wilayah Batam adalah tidak benar (false context). Faktanya, video itu merupakan kejadian di laut Pasifik di tahun 2014.

RUJUKAN : https://bit.ly/3tYLUT4

#jabarhantamhoaks #ikanhiu #indihome #telkomsel